Struktur Dan Tugas Pokok Bidang Penyusunan Pogram, Penelitian dan Pengembangan

Bidang Penyusunan Program, Penelitian dan Pengembangan, yang membawahkan:

1. Sub Bidang Program Kerja Daerah;
2. Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan; dan
3. Sub Bidang Data, Evaluasi dan Pelaporan.

Bidang Penyusunan Program, Penelitian dan Pengembangan Mempunyai Tugas Pokok Menyiapkan Perumusan Kebijakan, Mengoordinasikan, Membina dan Mengendalikan Perencanaan Pembangunan Daerah Serta Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Bidang Penyusunan Program, Penelitian dan Pengembangan mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan di Bidang Penyusunan Program, Penelitian dan Pengembangan;
  2. pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan perencanaan pembangunan di Bidang Penyusunan Program, Penelitian dan Pengembangan;
  3. pengoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan perencanaan pembangunan di Bidang Penyusunan Program, Penelitian dan Pengembangan;
  4. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kepala Bidang Penyusunan Program, Penelitian dan Pengembangan mempunyai uraian tugas:

  1. merencanakan operasional program dan rencana kerja serta rencana kegiatan di bidang Penyusunan Program, Penelitian dan Pengembangan;
  2. mempelajari dan melaksanakan peraturan perundang-undangan, keputusan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis bidang Penyusunan Program, Penelitian dan Pengembangan;
  3. memberi petunjuk, arahan, serta membagi tugas kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. mengoordinasikan pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan/sesuai ketentuan yang berlaku;
  5. menyelenggarakan konsultasi dan koordinasi dengan pihak terkait;
  6. mengoordinasikan Penyusunan Rancangan RPJPD, RPJMD, dan RKPD seluruh urusan yang telah dikoordinasikan oleh Bidang;
  7. memverifikasi Rancangan Renstra dan Renja dari seluruh urusan;
  8. mengkoordinasikan bahan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RPJPD, RPJMD, RKPD;
  9. mengoordinasikan sinergitas dan harmonisasi kegiatan perangkat daerah dalam bidang perencanaan dan kelitbangan serta inovasi Daerah;
  10. mengoordinasikan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan kementerian/lembaga dan provinsi dalam bidang perencanaan pembangunan daerah dan kelitbangan serta inovasi daerah;
  11. melaksanakan pengendalian/monitoring pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah dan kelitbangan serta inovasi daerah;
  12. melaksanakan pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah dan kelitbangan serta inovasi Daerah;
  13. melaksanakan evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah dan kelitbangan serta inovasi daerah;
  14. mengevaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan;
  15. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan.

Kepala Sub Bidang Program Kerja Daerah mempunyai uraian tugas:

  1. menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan di Sub Bidang Program Kerja Daerah;
  2. mempelajari dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Sub Bidang Program Daerah;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensi;
  4. melaksanakan konsultasi dan koordinasi dengan pihak terkait;
  5. mengoordinasikan Penyusunan Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD dari semua urusan pemerintah daerah;
  6. menganalisis Rancangan Renstra dan Renjadari semua urusan;
  7. menyiapkan bahan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RPJPD, RPJMD, dan RKPD dari semua urusan;
  8. melaksanakan pembinaan teknis peningkatan kapasitas tenaga perencana seluruh perangkat daerah;
  9. membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah;
  10. merencanakan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, dan RPJMD;
  11. merencanakan sinergitas dan harmonisasi kegiatan Perangkat Daerah;
  12. merencanakan dukungan pelaksanaan kegiatan pusat dan provinsi;
  13. melaksanakan pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah;
  14. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan;
  15. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Program Kerja Daerahberdasarkan program kerja;
  16. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Program Kerja Daerah sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan;
  17. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

Kepala Sub Bidang Data, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai uraian tugas:

  1. menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan di Sub Bidang Data, Evaluasi dan Pelaporan;
  2. mempelajari dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Sub Bidang Data, Evaluasi dan Pelaporan;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensi;
  4. melaksanakan konsultasi dan koordinasi dengan pihak terkait;
  5. mengoordinasi penyusunan dan analisa data daerah;
  6. mengumpulkan, mengolah, menganalisa dan menyajikan data dan informasi hasil pelaksanaan program kegiatan perencanaan pembangunan daerah;
  7. mengoordinasikan pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan rencana pogram perencanaan pembangunan daerah;
  8. menyajikan data dan informasi hasil pemantauan pelaksanaan program kegiatan perencanaan pembangunan daerah yang bersumber dana dari provinsi dan pusat;
  9. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan;
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

Kepala Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan mempunyai rincian tugas:

  1. menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan di Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan;
  2. mempelajari dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensi;
  4. melaksanakan konsultasi dan koordinasi dengan pihak terkait;
  5. mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan kelitbangan dan inovasi daerah;
  6. memberikan petunjuk penyusunan rekomendasi regulasi dan kebijakan di bidang litbang dan inovasi daerah yang akan disampaikan kepada Bupati dan perangkat daerah;
  7. mengoordinasikan pemantauan dan evaluasi kegiatan penelitian dan pengembangan serta inovasi daerah;
  8. melaksanakan pembinaan penyusunan pedoman, analisis kebutuhan, penetapan tujuan dan pengembangan desain program dan kegiatan kelitbangan serta inovasi daerah;
  9. melaksanakan pembinaan pelaksanaan program dan kegiatan kelitbangan dan inovasi daerah;
  10. mengoordinasikan pelaksanaan penguatan kelembagaan, ketatalaksanaan, pembiayaan, sarana dan prasarana serta sumber daya manusia kelitbangan;
  11. memberikan rekomendasi regulasi dan kebijakan kepada Bupati dalam rangka pengembangan inovasi daerah;
  12. mengoordinasikan penyusunan laporan kegiatan kelitbangan (penelitian, pengkajian, penerapan, pengembangan, perekayasaan dan pengoperasian) sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. mengoordinasikan optimalisasi jejaring atau kerjasama kegiatan kelitbangan dengan institusi penelitian dan pengembangan lainnya, baik dengan lembaga litbang pemerintah maupun dengan lembaga Litbang swasta;
  14. mengoordinasian penyelenggaraan diseminasi hasil kelitbangan di Daerah;
  15. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan;
  16. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Penelitian dan Pengembanganberdasarkan program kerja;
  17. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Penelitian dan Pengembangansesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan;
  18. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
Kabid. Penyusunan Program & Litbang
MASBAHATUN NIAMMAH, S.Si

Kontak Informasi:

  • Jl. Kyai Jebat No. 30 Demak, Gedung Hijau Lantai 3
  • (0291) 685663
  • bidang1bappeda@gmail.com

Berita Terbaru