RAKOR EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019

Pada hari selasa tanggal 12 November 2019 Bappeda Litbang telah melaksanakan Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Demak tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi program maupun kegiatan terkait penanggulangan kemiskinan yang bersinergi dengan Program Keluarga Harapan. Selain melakukan evaluasi juga untuk melihat capaian Pelaksanaan Program Keluarga Harapan dari tahun ke tahun, baik dalam penurunan kemiskian maupun jenis program kegiatan yang punya sinergi untuk menanggulangi kemiskinan.

Kegiatan Rakor ini dihadiri oleh Dinas sosial, Kasi Kesra seluruh Kecamatan di Kabupaten Demak dan Koordinator Kecamatan PKH di semua Kecamatan di Kabupaten Demak. Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada seseorang dan atau keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) data tersebut diolah oleh Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (PUSDATIN) dan kemudian ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Sedangkan tujuan PKH sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial;
  2. Mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan;
  3. Menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial;
  4. Mengurangi kemiskinan dan kesenjangan.
  5. Mengenalkan manfaat produk dan jasa keuangan formal kepada Keluarga Penerima Manfaat.

Dari tujuan – tujuan Program Keluarga Harapan (PKH) diatas diharapkan bisa berdampak pada peningkatkan taraf hidup KPM sekaligus dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Demak.