RAPAT EVALUASI PELAKSAAN PENGARUSUTAMAAN GENDER

Pada hari rabu tanggal 25 September 2019 Bappeda Litbang telah melaksanakan rapat Evaluasi pelaksanaan pengarusutamaan gender di Ruang pertemuan DInperpusar Kabupaten Demak. Rapat ini dihadiri dari unsur OPD maupun Non OPD. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan koordinasi antar Lembaga lintas sektor terkait pengarusutamaan gender dan meningkatkan data dukung terkait penilaian APE.

Koordinasi dan evaluasi sangat penting dalam meningkatkan peran masing – masing sektor guna memperoleh data dukung yang kuat dan komplit untuk meningkatkan nilai yang selama ini menjadi masalah. Dengan demikian adanya kegiatan ini diharapkan mampu menyelesaikan masalah semacam ini.

Elemen penting dalam pengarusutamaan gender yang saling terhubung baik saat proses perencanaan maupun pelaksanaan yang tentunya harus dilakukan dengan data – data agar lebih maksimal. Berikut beberapa hal yang penting dalam sebuah pengarusutamaan gender adalah Gender/kesetaraan perempuan atau partisipasi perempuan,   lansia, anak, disabilitas dan kemiskinan aspek – aspek inilah yang menjadi pondasi bagi pengarusutamaan gender.