RAPAT KOORDINASI SISTEM MANAJEMEN DATA DALAM INTERVENSI PENURUNAN STUNTING TERINTEGRASI TINGKAT KABUPATEN DEMAK TAHUN 2019

Pada hari kamis tanggal 14 November 2019 Bappeda Litbang Kabupaten Demak telah melaksanakan Rapat Koordinasi Sistem Manajemen Data Dalam Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menyediakan dan mempermudah akses data untuk pengelolaan program penurunan stunting terintegrasi. Secara khusus, sistem manajemen data ini harus dapat memastikan terpenuhinya kebutuhan data pada Aksi Integrasi lainnya, yaitu: Aksi 1 (Analisis Situasi), Aksi 2 (Penyusunan Rencana Kegiatan), dan Aksi 8 (Reviu Kinerja).

Kegiatan ini di hadiri oleh Puskesmas se Kabupaten Demak, Kecamatan se Kabupaten Demak, TA P3MD dan beberapa Perangkat Daerah terkait penanggulangan stunting. Dalam kegiatan tersebut Dinas kesehatan memaparkan data – data yang diperlukan guna pengisian matrik dalam monev stunting diantara data yang di sampaikan adalah sebagai berikut :

  1. Cakupan bumil KEK yang mendapat PMT pemulihan;
  2. Cakupan bumil mendapatkan IFA (TTD) minimal 90 tablet selama kehamilan;
  3. Cakupan balita kurus yang mendapatkan PMT;
  4. Cakupan kehadiran di Posyandu (Rasio yang dating terhadap total sasaran);
  5. Cakupan ibu hamil K4;
  6. Cakupan anak 6 – 59 bulan memperoleh vitamin A;
  7. Cakupan remaja putri mendapatkan TTD;
  8. Cakupan ibu nifas.

Selain data yang disebutkan diatas juga data – data lain yang diperlukan dalam manajemen data dalam intervensi penurunan stunting terintegrasi berdasarkan jenis data apa dan sumber data dari mana sekaligus siapa penanggungjawabnya sesuai dengan tugas dan pembagian peran dari masing – masing sektor.