Seleksi Proposal Lomba Kampung Juara “Menuju Demak Bebas Kumuh”

Jum’at, 19 Juli 2019

Seleksai Proposal Lomba Kampung Juara

Tahapan Lomba Kampung Juara saat ini telah memasuki tahapan Seleksi Proposal setelah pembukaan pendaftaran pada 2 mei 2019 sampai 14 Juli 2019. Panitia menerima 20 proposal yang mengikuti lomba dengan mayoritas berada di Kecamatan Demak sejumlah 16, 3 kampung di Kecamatan Mranggen dan 1 kampung di kecamatan Kebonagung.

Bertempat di Gedung pertemuan Bappeda Litbang Kabupaten Demak, pada Rabu (19/7) para juri yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kota Tanpa Kumuh /Pokja KOTAKU, melakukan verifikasi terhadap proposal yang masuk. Tahapan verifikasi ini merupakan tahapan awal penjurian sebelum dilakukan pemaparan oleh peserta dan kunjungan lokasi oleh para juri. Beberapa kriteria dalam penilaian Kampung Juara antara lain Kebersihan, Pengelolaan Persampahan, Penghijuan,Ketertiban, Keindahan dan kelembagaan masyarakat.

Pengumuman pemenang juara rencanannya akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesiayang ke 74. Pemerintah Kabupaten Demak menyiapkan hadiah berupa paket kegiatan untuk tahun 2020 dengan rincian 100 juta untuk juara 1, 75 juta untuk juara 2, 50 juta untuk juara 3 dan 40 juta untuk masing – masing juara harapan 1, 2 dan 3. diiharapkan dengan lomba kampung juara ini masyarakat menjadi lebih perhatian dalam upaya menjaga kebersihan keindahan lingkugan dan pengelolaan persampahan.