WEBINAR PEMANFAATAN SEPAKAT UNTUK PEMULIHAN DAMPAK COVID-19 TERHADAP SOSIAL EKONOMI DAERAH

Rabu, 24 Juni 2020 Bappeda Litbang Kabupaten Demak melalui bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya mengikuti kegiatan Webinar terkait pemanfaatan aplikasi “SEPAKAT” untuk pemulihan dampak Covid-19 terhadap ekonomi daerah. Dalam kegiatan ini hadir Kepala bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya, Kasubid Kesra, Kasubid Dikbud dan staf. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan Menteri PPN/Kepala Bappenas Dr. HC. Ir. H. Suharso Monoarfa kemudian dilanjutkan pemaparan materi pertama oleh Maliki, ST, MSIE, Ph.D Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial Bappenas. Materi yang kedua oleh Widaryatmo, S. ST, MSi Kepala Subdirektorat Analisis Data dan Pemetaan Penduduk Miskin Bappenas, Materi yang ketiga oleh M. Yulian Akbar, S.Sos.,M.Si Kepala Bappeda Litbang Kab. Pekalongan, Materi keempat oleh Drs. H. Darwin Badaruddin, M.Pd Kepala Bappeda Litbang Kab. Polewali Mandar.

Aplikasi Sistem Perencanaan, Penganggaran Analisis, Pemantauan dan Evaluasi Kemiskinan Terpadu (SEPAKAT) adalah Perangkat untuk melakukan diagnosis secara mandiri untuk memperoleh solusi pengentasan kemiskinan yang tepat guna dan tepat sasaran.

Secara umum aplikasi ini (SEPAKAT) penting karena :

  1. Menganalisis kondisi kemiskinan dan ketimpangan social di daerah yang sangat beragam, karena tidak ada kebijakan satu untuk semua bagi seluruh daerah di Indonesia. Oleh karena itu daerah perkotaan menghadapi tantangan yang berbeda dengan daerah yang ada di perdesaan dan daerah agraris memiliki tantangan yang berbeda dengan daerah industri.
  2. Menyusun kebijakan kemiskinan menyeluruh bukan perkara mudah, terkait kebijakan apa yang harus dihasilkan, siapa saja yang harus dibantu dan dimana lokasi mereka.
  3. Perangkat untuk melakukan diagnosis mandiri untuk memperoleh solusi yang tepat guna dan tepat sasaran. Karena aplikasi ini berbasis online, berbasis web (otomatisasi), berorientasi solusi, proses yang terstruktur dan diagnosis mandiri.
  4. SEPAKAT adalah jembatan untuk menghubungkan pemanfaatan data dan system aplikasi perencanaan kebijakan pemerintah.
  5. SEPAKAT bisa dimanfaatkan untuk penyusunan RPJMD, Review/monitoring pencapaian RPJMD, penyusunan Renstra OPD, Review/monitoring Renstra OPD, Menyusun RKPD, SPKD, RAD PK, Renja OPD, Evaluasi/Review SDGs, Penyusunan LP2KD, Bahan paparan dan sebagainya.